DIALOG
DESAIN
Dialog dalam arti umum adalah
percakapan antara dua kelompok atau
lebih. Sedangkan dialog dalam
konteks perencanaan user interface
adalah struktur dari percakapan
antara user dan sistem komputer.
Bahasa
Komputer dapat dibagi atas tiga tingkatan:
1.
Leksikal
- Merupakan tingkatan yang paling
rendah.
- Yaitu bentuk icon pada layar.
- Pada bahasa manusia, ekuivalen
dengan bunyi dan ejaan suatu
kata.
2.
Sintaksis
- Yaitu urutan dan struktur dari
input dan output.
- Pada bahasa manusia, ekuivalen
dengan grammar suatu kalimat.
3.
Semantik
- Yaitu arti dari percakapan yang
berkaitan dengan pengaruhnya
pada struktur data internal
komputer dan/atau dunia eksternal.
- Pada bahasa manusia, ekuivalen
dengan arti yang berasal dari
partisipan dalam percakapan.
Dalam user interface, istilah
dialog hampir mirip dengan tingkat
sintaksis, tetapi juga meliputi
sifat-sifat leksikal.
Dialog
Manusia – Komputer:
Berbeda dengan dialog antar
manusia pada umumnya, dialog
dengan komputer biasanya
terstruktur dan terbatas.
Beberapa ciri-ciri dari dialog
terstruktur yang nantinya ditemukan
dalam dialog komputer:
- Menyebutkan beberapa hal
tertentu secara berurutan.
- Beberapa bagian dari dialog
dilakukan secara bersamaan.
- Dialog berikutnya tergantung
pada respon dari partisipan.
- Dialog terstruktur biasanya
tidak langsung menuju pada arti katakatanya
/ semantik tapi pada level
sintaksis.
Proses
Perancangan Dialog
Advice:
1. Rangkaian dialog menggambarkan
struktur tugas.
2. Beberapa rangkaian dialog
tambahan digunakan untuk user support,
misalnya: help system, tutorial
sub-sistem.
3. Rangkaian dialog diurutkan
sesuai dengan struktur tugas.
Prinsip yang digunakan dalam desain
dialog adalah membagi sistem
menjadi beberapa bagian yang
disebut module.
Biasanya user access bukan
merupakan bagian dari task desription,
tapi harus dimasukan dalam sistem
yang baru.
Empat hal utama dalam desain yang
harus diperhatikan dalam GUI
metaphor:
- Pemilihan dan representasi dari
conceptual metaphor.
- Representasi dari obyek
interaktif dalam metaphor.
- Perancangan manipulasi untuk
mengimplementasikan user action.
- Desain micro-metaphor untuk
control action dan representasi dari
commands.
Dalam mendesain dialog, diperlukan
deskripsi yang terpisah dari
program secara keseluruhan.
Mengapa
perlu digunakan notasi deskripsi dialog yang terpisah?
- Agar mudah di analisa.
- Pemisahan elemen-elemen
interface dari logika program (semantik).
- Apabila notasi dialog ditulis
sebelum program dibuat, maka notasi
tersebut bisa membantu desainer
untuk menganalisa struktur yang
diajukan.
Notasi
Diagramatik
- Notasi Diagramatik paling sering
digunakan dalam desain dialog.
- Kelebihan: memungkinkan desainer
untuk melihat secara sekilas
struktur dialog.
- Kekurangan: sulit untuk
menjelaskan struktur dialog yang lebih luas
dan kompleks.
Contoh
Notasi Diagramatik:
- State Transition Networks (STN)
- Hierarchical STN
- Harel’s State Charts
- Traditional Flow Diagrams (Flow
Charts)
- JSD Diagram
State
Transition Network (STN)
Komponen
STN:
- Lingkaran
Menggambarkan “state” dari sistem.
- Tanda Panah
Yang terdapat antara state disebut
juga transisi. Tanda panah ini
diberi label yang menjelaskan
tentang tindakan user yang
menyebabkan transisi dan respon
dari sistem.
STN
dapat menggambarkan beberapa pilihan dialog:
- Urutan tindakan dan respon dari
sistem
- Pilihan bagi user
- Iterasi
Hierarchical
State Transition Networks
Struktur Hierarchical STN mirip
dengan STN, namun memiliki tambahan
berupa gabungan state. Penggunaan
hirarki STN ini, seperti
menggabungkan beberapa STN ke
dalam satu diagram besar, sehingga
model ini dapat digabungkan untuk
sistem-sistem yang besar.
STN Hirarki dapat digunakan untuk
mendeskripsikan suatu sistem yang
lengkap.
Harel’s
State Charts
Dapat digolongkan sebagai kelompok
STN. Dibangun untuk
menspesifikasikan secara visual
sistem reaktif yang kompleks dan
mampu mengakomodasi masalah
seperti concurrency dan escape.
Flowchart
- Flowchart digunakan untuk
mendeskripsikan dialog yang sederhana.
- Flowchart mudah dimengerti dan
simple.
Jackson
Diagram
JSD (Jackson Structured Design)
diagram digunakan untuk berbagai
aspek dari analisis tugas dan
notasi dialog.
Link
to Programming Language
- Sequence dalam notasi dialog
dapat langsung ditransformasikan ke
bahasa pemrograman dalam bentuk
sequence dan selection.
- Modulary dalam desain dialog.
JENIS-JENIS
DIALOG/ DIALOG STYLE
1.
Command Language
Merupakan paradigma user interface
yang pertama kali.
Contoh: MS-DOS shell, UNIX shell,
dBase.
Keuntungan:
- Lebih cepat.
- Dapat melakukan kegiatan
meskipun di luar batas.
- Perulangan
- Implementasi yang mudah dan
hemat.
Tujuan:
- Konsistensi.
- Penamaan dan pemberian singkatan
yang baik.
- Melakukan tugas perancangan
dapat membantu meminimalkan
kekurangan.
2.
WIMP (Window, Icon, Menu, Pointer)
Berfokus pada Menus, Buttons,
Forms, Icons
3.
Direct Manipulation
Definisi:
- Kesinambungan tampilan dari
objek-objek dan aksi-aksi yang
dilakukan.
- Cepat, dapat dikembalikan,
peningkatan aksi dimana efeknya
dapat segera terlihat.
- Penggantian dari sintaks command
language dengan manipulasi
langsung pada objek.
Keuntungan:
- Mudah dipelajari dan diingat,
khususnya untuk pemula.
- WYSIWYG
- Fleksibel
- Menyediakan konteks dan tampilan
yang cepat dari feedback,
sehingga user dapat mengetahui
apakah tujuan telah tercapai.
- Membatasai beberapa jenis
kesalahan yang dapat terjadi.
Kekurangan:
- Penggunaan seluruh ruang pada
layar.
- Harus mempelajari arti dari
komponen-komponen yang tampak
pada layar.
- Tampilan visual mungkin dapat
disalah artikan.
- Penggunaan mouse dapat lebih
lambat daripada pengetikan.
- Tidak ada penjelasan otomatis.
- Tidak bagus pada: pengulangan,
penyimpanan history, tugas
tertentu (seperti merubah semua
huruf cetak miring menjadi
cetak tebal), variabel.
4.
PDA dan Pen
- Menjadi lebih umum dan
penggunaan yang lebih luas.
- Tampilan yang lebih kecil
(160x160 atau 320x240).
- Tombol-tombol yang lebih
sedikit, interaksi melalui “pen” (atau
stylus).
- Peningkatan _
wireless,
warna, memory yang lebih besar, CPU
dan OS yang lebih baik.
- Palmtop vs Handheld.
5.
Speech dan Natural Language
Speech
(Suara)
Adalah getaran pada suara
menimbulkan bunyi “ahh”.
Mulut, tenggorokan, bibir
membentuk bunyi.
Input
speech:
- Pengenalan speaker.
- Pengenalan suara.
- Pemahaman bahasa natural.
Natural
Language:
- Memberi arti pada kata-kata.
- Input dapat berupa suara atau
dari keyboard.
Keuntungan:
- Mudah dipelajari dan diingat.
- Lebih kuat.
- Cepat, efisien (tidak selalu).
- Layar yang kecil.
Kekurangan:
- Belum dapat bekerja dengan baik.
- Mengasumsikan pengetahuan dari
permasalahan.
- Membutuhkan keahlian pengetikan.
Peningkatan tidak terlihat.
- Implementasi membutuhkan biaya
yang mahal.
USER
INTERFACE SOFTWARE
Alat
Bantu User Interface:
Aplikasi apa yang biasa digunakan
oleh programmer untuk membuat
program.
Kombinasi dari objek-objek
interface dan perilaku manajemen.
Sekarang sudah object-oriented.
Pustaka dari komponen-komponen
perangkat lunak dan routines
yang digunakan oleh programmer:
- Xwindows : Xtoolkit & Motif
- Macintosh : Mac Toolbox, MacApp
- Windows : Windows Developer’s
Toolkit
- Java : Swing
Bagaimana
cara kerja toolkit?
Apa yang sebenarnya disediakan
olehnya?
Bagaimana mengaturnya?
- User mengadakan aksi,
berinteraksi dengan interface.
- Aksi-aksi tersebut harus
disampaikan kepada aplikasi dalam
cara-cara yang penuh arti.
- Aplikasi melakukan aksi yang
sesuai, mungkin memperbaharui
tampilan.
Model
Seeheim
Model Percakapan
Model
Objek
UI adalah kumpulan objek yang
saling berinteraksi.
User secara langsung memanipulasi
objek-objek tersebut.
Objek-objek bertanggung jawab
untuk mentransmisikan aksi-aksi
user ke aplikasi dengan cara yang
berguna.
OBJECT-ORIENTED
SYSTEMS
Pemrograman GUI Java dikerjakan
dengan AWT dan Swing.
Lebih banyak model terdistribusi.
Aksi utama disini adalah
mengirimkan event ke objek-objek sebagai
pesan.
Pendelegasian yang penting _
dapat
membuat beberapa objek
tertentu bertanggung jawab untuk
menangani event.
GUI
Builder Tools (Alat Pembuat GUI)
Mengapa membangun interface grafis
dengan perintah-perintah
tekstual?
Mengapa tidak menunjukkan apa yang
Anda suka?
Visual builder tools: Visual
Basic, Visual C++, Borland Delphi,
Symantec Café.
Metode-metode
Tool
Area kerja (interface yang sedang
dibangun).
Pindahkan dan letakkan interaktor
ke dalam area kerja.
Spesifikasi lokasi, warna,
tampilan, dsb.
Biasanya menyediakan mode Build/Pengujian.
Referensi :
Referensi :
http://www.johns-company.com/index.php?lang=id&cat=143&month=2010-01&id=55811
Santosa,
P.Insap, "Grafika Komputer dan Interaksi Manusia dan Komputer",
Penerbit Andi,Yogyakarta
Bahan Bacaan : Dix, Alan et.al, Human Computer Interaction, Prentice Hall, Europe, 1993, hal 9-114
Johnson, P., Human-Computer Interaction : Psychology, Task Analysis and Software Engineering, Mc Graw-Hill, England UK,1992
Bahan Bacaan : Dix, Alan et.al, Human Computer Interaction, Prentice Hall, Europe, 1993, hal 9-114
Johnson, P., Human-Computer Interaction : Psychology, Task Analysis and Software Engineering, Mc Graw-Hill, England UK,1992
Tidak ada komentar:
Posting Komentar