Powered By Blogger

Senin, 30 Maret 2015

SOFTSKILL - Tugas Minggu Ke 3, Analisi Tugas

Pengertian dan Penjelasan Overview dan Utility


Dalam suatu arti overview dapat diartikan adalah cara mengantarkan suatu bahasan dengan menayangkan atau menampilkan terlebih dahulu tinjauan sekilas mengenai materi yang akan dibahas. Dalam dunia pendidikan, Overview biasa dikenal sebagai bagian dari bentuk apersepsi. Yaitu suatu tahapan permulaan dalam proses pembelajaran, sebelum mahasiswa diajak mengikuti pokok materi yang telah direncanakan.
Caranya, bisa bermacam-macam. Mulai dari sekedar bertanya, bercerita atau meminta mahasiswa untuk melakukan sesuatu yang ringan namun diharapkan dapat menarik perhatian untuk mengikuti tahap pembelajaran selanjutnya.
Sedangkan utility dapat diartikan sebagai kemampuan suatu barang atau jasa dalam memberikan manfaat atau kegunaan atau kepuasan kepada orang yang mengkonsumsinya. Semakin tinggi utility suatu barang atau jasa, semakin diinginkan barang atau jasa itu oleh seseorang. 
Utility bersifat relatif: barang atau jasa yang memiliki utility bagi orang tertentu belum tentu bagi orang lain.
Pembagian Jenis Analisa Tugas
Analisa Tugas adalah proses menganalisa bagaimana manusia melaksanakan tugas dengan sistem yang ada. Jenis-jenis analisa tugas adalah :
  • Komponen adalah aktivitas, artifak dan hubungan
  • Fokus Analisis Tugas adalah fokus yang mencakup kepada lingkungan
  • Input dan Output adalah pengumpulan data dan eprentasi data dokumentasi
  • Interview adalah terstruktur, tidak terstruktur dan semi struktur
  • Observasi adalah merekam apa yang terjadi, mencatat bagian-bagian yang di anggap penting
  • Reprentasi Data adalah daftar, ringkasan dan naratif
  • Contoh Pengelompokkan Tugas adalah fixed sequence, optinal tasks, waiting events, cycles, time sharing, discreationary.

Sumber dan Penggunaan Informasi

Penggunaan dan Analisis Informasi sistem dapat kita sederhanakan kedalam beberapa penjelasan yang dibagi menjadi modul-modul seperti gmbar dibawah

Sumber informasi dapat diartikan sebagai segala hal yang dapat digunakan oleh seseorang sehingga mengetahui tentang hal yang baru,dan mempunyai ciri-ciri yaitu, 
  1. Dapat dilihat, dibaca dan dipelajari, 
  2. Diteliti, dikaji dan dianalisis 
  3. Dimanfaatkan dan dikembangkan didalam kegiatan-kegiatan pendidikan, penelitian, laboratorium, 
  4. Ditransformasikan kepada orang lain.
Berdasarkan penciptaanya, terdapat tiga jenis sumber informasi, yaitu :
  1. Sumber primer (primary sources) merupakan informasi yang berasal dari penemuan baru atau ilmu pengetahuan baru. Sumber primer disebut juga informasi yang berasal dari asalnya, yang dihasilkan penulis atau peneliti.
  2. Sumber sekunder (secondary sources) merupakan penilaian, ringkasan ataukritikan terhadap suatu karya atau penelitian seseorang. Informasi tentangsumber primer yang disusun secara sistematis supaya mudah diakses.
  3. Sumber tersier (tertiary sources) merupakan memuat informasi berupa saringan,rangkuman atau kumpulan dari sumber primer dan sekunder.
Kegunaan Informasi yaitu Dengan kehadiran teknologi komputer dengan kekuatan prosesnya telah memungkinkan pengembangan sistem informasi manajemen berbasis komputer. Dengan memanfaatkan teknologi komputer, didapat manfaat berupa kemudahan menyimpan, mengorganisasi dan melakukan pengambilan terhadap berbagai data. Didukung dengan perangkat lunak dan konfigurasi perangkat keras yang tepat, perusahaan dapat membangun sistem informasi manajemen yang handal dan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja perusahaan secara keseluruhan.
Data Input dan Output
Data Input adalah semua data dan perintah yangdimasukkan ke dalam memori komputer untukselanjutnya diproses lebih lanjut oleh prosesor.Sebuah perangkat input adalah komponen piranti keras yang memungkinkan user atau pengguna memasukkan data ke dalam komputer, atau bisajuga disebut sebagai unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor. Kesimpulannya : Input adalah masukan.
Data Output adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang dapat digunakan.Artinya komputer memproses data-data yang diinputkan menjadi sebuah informasi. Yang disebut sebagai perangkat output adalah semua komponen piranti keras yang menyampaikan informasi kepada orang-orangyang menggunakannya.
Perepresentasian Data

Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berwujud suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep.Representasi data adalah lambang untuk memberi tanda bilangan biner yang telah diperjanjikan yakni 0 (nol) untuk bilangan positif atau plus dan 1 untuk bilangan negatif atau minus.Pada bilangan n-bit,jika susunannya dilengkapi dengan bit tanda maka diperlukan register dengan panjang n+1 bit.Dalam hal ini ,n bit digunakan untuk menyimpan bilangan biner itu sendiri dan satu bit untuk tandanya.Pada representasi bilangan biner yang dilengkapi dengan tanda bilangan,bit tanda ditempatkan pada posisi paling kiri.

TIPE DATA

Tipe data adalah jenis atau macam data di dalam suatu variable dalam bahasa pemrograman.Tipe data yang dikenal dalam bahasa pascal antara lain :

Tipe data sederhana / Jenis data yang standar (Dasar)
  1. Integer
  2. Real
  3. Karakter
  4. Boolean
Tipe data non standar (user defined)
  1. Enumerated
  2. Sub-range
Tipe data berstuktur
  1. Array
  2. Record
  3. Set
  4. File
Evaluasi
Evaluasi ini diusulkan oleh Nielsen dan Molich. Heuristik adalah guideline, prinsip umum dan peraturan, pengalaman yang bisa membantu suatu keputusan atau kritik atas suatu keputusan yang telah diambil, beberapa penilaian bebas terhadap suatu design supaya kritik bisa memajukan potensi daya guna.

Ada sepuluh dasar dari heuristik, seperti :
  • Visibilitas status system,
  • Kecocokan anatara system dan dunia nyata,
  • Kontrol user dan kebebasan,
  • Konsisten dan standar,
  • Mencegahan kesalahan,
  • Pengenalan atas penarikan kembalI,
  • Fleksibilitas dan efisiensi,
  • Berhubungan dengan keindahan dan desain minimalis,
  • Bantuan bagi user untuk mengenali, mendiagnosis dan memperbaiki dari kesalahan.
  • Help dan dokumentasi.
Tujuan dari evaluasi heuristik adalah untuk memperbaiki perancangan secara efektif.

Usability testing

Usability testing dapat dijabarkan pengertiannya dalam gambar dibawah ini :

Jika Anda melangkah ke tes kegunaan pada hari-hari awal dari disiplin, maka akan terlihat sangat mirip dengan percobaan formal di laboratorium psikologi. subyek diminta untuk melakukan tes dan data dianalisis dengan menggunakan metode statistik.. Semua yang hilang adalah jas lab putih. Tidak mengherankan, tes yang mahal untuk melakukan dan rumit untuk menjalankan, mengarah ke pengembangan dari disiplin pecahan: kegunaan diskon. Discount usability, Diskon kegunaan
Kegunaan Diskon memperkenalkan tiga teknik utama yang bertujuan untuk menyederhanakan metode pengumpulan data:
  • Thinking-aloud usability tests; Berpikir-keras kegunaan tes;
  • Low-fidelity prototypes; Low-fidelity prototipe;
  • Heuristic evaluation. Heuristik evaluasi.
Teknik ini bekerja dengan baik sebagai bagian dari siklus desain iteratif dimana masalah kegunaan yang ditemukan dan tetap dan kemudian berikutnya “sekali pakai” prototipe lagi cepat diuji dengan sejumlah kecil peserta .Pendekatan ini benar-benar merevolusi lapangan. Sekarang akan sulit untuk menemukan seorang praktisi kegunaan yang tidak menggunakan sebagian besar teknik ini selama tugas.

Bahkan, pendulum kini berayun begitu jauh sehingga banyak orang yang meremehkan tradisional, pengujian laboratorium berbasis.

Cognitive walkthrough

Metode langkah-langkah kognitif adalah inspeksi kegunaan metode yang digunakan untuk mengidentifikasi kegunaan isu-isu dalam sebuah perangkat lunak atau situs web, berfokus pada bagaimana mudahnya bagi pengguna baru untuk menyelesaikan tugas dengan sistem.. Sedangkan langkah-langkah kognitif adalah tugas-spesifik, evaluasi heuristic mengambil pandangan holistik untuk menangkap masalah yang tidak tertangkap oleh ini dan lainnya pemeriksaan metode kegunaan Metode ini berakar pada pandangan bahwa pengguna biasanya lebih memilih untuk mempelajari sistem dengan menggunakannya untuk menyelesaikan tugas-tugas, bukan, misalnya, mempelajari manual. Metode ini berharga karena kemampuannya untuk menghasilkan hasil yang cepat dengan biaya rendah, terutama bila dibandingkan dengan pengujian kegunaan , serta kemampuan untuk menerapkan metode ini pada awal fase desain, coding bahkan sebelum dimulai.

SUMBER
Interaksi Manusia Dan Komputer edisi 1 dan 2
http://www.academia.edu/9248672/MAKALAH_IMK
Santosa, P. Insap, et al. "Extensible Tools for Managing Interactive Interface," Human-Computer Interactions Term Project, Computer Science Department University of Colorado at Boulder 1990
http://lontar.ui.ac.id/il/2sumber.jsp?hal=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar