Dalam suatu arti overview dapat diartikan adalah cara mengantarkan suatu bahasan dengan menayangkan atau menampilkan
terlebih dahulu tinjauan sekilas mengenai materi yang akan dibahas. Dalam
dunia pendidikan, Overview biasa dikenal sebagai bagian dari bentuk
apersepsi. Yaitu suatu tahapan permulaan dalam proses pembelajaran, sebelum
mahasiswa diajak mengikuti pokok materi yang telah direncanakan.
Caranya, bisa
bermacam-macam. Mulai dari sekedar bertanya, bercerita atau meminta mahasiswa
untuk melakukan sesuatu yang ringan namun diharapkan dapat menarik perhatian
untuk mengikuti tahap pembelajaran selanjutnya.
Sedangkan utility dapat diartikan sebagai
kemampuan suatu barang atau jasa dalam memberikan manfaat atau kegunaan atau
kepuasan kepada orang yang mengkonsumsinya. Semakin tinggi utility suatu barang
atau jasa, semakin diinginkan barang atau jasa itu oleh seseorang.
Utility
bersifat relatif: barang atau jasa yang memiliki utility bagi orang tertentu
belum tentu bagi orang lain.
Pembagian Jenis Analisa Tugas
Analisa Tugas adalah proses menganalisa
bagaimana manusia melaksanakan tugas dengan sistem yang ada. Jenis-jenis
analisa tugas adalah :
- Komponen adalah aktivitas, artifak dan hubungan
- Fokus Analisis Tugas adalah fokus yang mencakup kepada lingkungan
- Input dan Output adalah pengumpulan data dan eprentasi data dokumentasi
- Interview adalah terstruktur, tidak terstruktur dan semi struktur
- Observasi adalah merekam apa yang terjadi, mencatat bagian-bagian yang di anggap penting
- Reprentasi Data adalah daftar, ringkasan dan naratif
- Contoh Pengelompokkan Tugas adalah fixed sequence, optinal tasks, waiting events, cycles, time sharing, discreationary.
Sumber dan Penggunaan Informasi
Penggunaan dan Analisis Informasi sistem dapat kita sederhanakan kedalam beberapa penjelasan yang dibagi menjadi modul-modul seperti gmbar dibawah
Sumber informasi dapat diartikan sebagai segala hal yang dapat digunakan oleh seseorang sehingga mengetahui tentang hal yang baru,dan mempunyai ciri-ciri yaitu,
- Dapat dilihat, dibaca dan dipelajari,
- Diteliti, dikaji dan dianalisis
- Dimanfaatkan dan dikembangkan didalam kegiatan-kegiatan pendidikan, penelitian, laboratorium,
- Ditransformasikan kepada orang lain.
- Sumber primer (primary sources) merupakan informasi yang berasal dari penemuan baru atau ilmu pengetahuan baru. Sumber primer disebut juga informasi yang berasal dari asalnya, yang dihasilkan penulis atau peneliti.
- Sumber sekunder (secondary sources) merupakan penilaian, ringkasan ataukritikan terhadap suatu karya atau penelitian seseorang. Informasi tentangsumber primer yang disusun secara sistematis supaya mudah diakses.
- Sumber tersier (tertiary sources) merupakan memuat informasi berupa saringan,rangkuman atau kumpulan dari sumber primer dan sekunder.
Data Input dan Output
Data Input
adalah semua data dan perintah yangdimasukkan ke dalam memori komputer
untukselanjutnya diproses lebih lanjut oleh prosesor.Sebuah perangkat input
adalah komponen piranti keras yang memungkinkan user atau pengguna memasukkan
data ke dalam komputer, atau bisajuga disebut sebagai unit luar yang digunakan untuk
memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor. Kesimpulannya : Input adalah
masukan.
Data Output adalah data yang telah
diproses menjadi bentuk yang dapat digunakan.Artinya komputer memproses
data-data yang diinputkan menjadi sebuah informasi. Yang disebut sebagai
perangkat output adalah semua komponen piranti keras yang menyampaikan
informasi kepada orang-orangyang menggunakannya.
Perepresentasian Data
Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berwujud suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep.Representasi data adalah lambang untuk memberi tanda bilangan biner yang telah diperjanjikan yakni 0 (nol) untuk bilangan positif atau plus dan 1 untuk bilangan negatif atau minus.Pada bilangan n-bit,jika susunannya dilengkapi dengan bit tanda maka diperlukan register dengan panjang n+1 bit.Dalam hal ini ,n bit digunakan untuk menyimpan bilangan biner itu sendiri dan satu bit untuk tandanya.Pada representasi bilangan biner yang dilengkapi dengan tanda bilangan,bit tanda ditempatkan pada posisi paling kiri.
TIPE DATA
Tipe data
adalah jenis atau macam data di dalam suatu variable dalam bahasa
pemrograman.Tipe data yang dikenal dalam bahasa pascal antara lain :
Tipe data sederhana / Jenis data yang standar (Dasar)
- Integer
- Real
- Karakter
- Boolean
- Enumerated
- Sub-range
- Array
- Record
- Set
- File
Evaluasi ini diusulkan oleh Nielsen
dan Molich. Heuristik adalah guideline, prinsip umum dan peraturan, pengalaman
yang bisa membantu suatu keputusan atau kritik atas suatu keputusan yang telah
diambil, beberapa penilaian bebas terhadap suatu design supaya kritik bisa
memajukan potensi daya guna.
Ada sepuluh dasar dari heuristik, seperti :
Ada sepuluh dasar dari heuristik, seperti :
- Visibilitas status system,
- Kecocokan anatara system dan dunia nyata,
- Kontrol user dan kebebasan,
- Konsisten dan standar,
- Mencegahan kesalahan,
- Pengenalan atas penarikan kembalI,
- Fleksibilitas dan efisiensi,
- Berhubungan dengan keindahan dan desain minimalis,
- Bantuan bagi user untuk mengenali, mendiagnosis dan memperbaiki dari kesalahan.
- Help dan dokumentasi.
Usability testing
Usability testing dapat dijabarkan pengertiannya dalam gambar dibawah ini :
Jika Anda melangkah ke tes kegunaan pada hari-hari awal dari disiplin, maka akan terlihat sangat mirip dengan percobaan formal di laboratorium psikologi. subyek diminta untuk melakukan tes dan data dianalisis dengan menggunakan metode statistik.. Semua yang hilang adalah jas lab putih. Tidak mengherankan, tes yang mahal untuk melakukan dan rumit untuk menjalankan, mengarah ke pengembangan dari disiplin pecahan: kegunaan diskon. Discount usability, Diskon kegunaan
Kegunaan Diskon memperkenalkan tiga teknik utama yang bertujuan untuk menyederhanakan metode pengumpulan data:
- Thinking-aloud usability tests; Berpikir-keras kegunaan tes;
- Low-fidelity prototypes; Low-fidelity prototipe;
- Heuristic evaluation. Heuristik evaluasi.
Bahkan, pendulum kini berayun begitu jauh sehingga banyak orang yang meremehkan tradisional, pengujian laboratorium berbasis.
Cognitive walkthrough
Metode langkah-langkah kognitif adalah inspeksi kegunaan metode yang digunakan untuk mengidentifikasi kegunaan isu-isu dalam sebuah perangkat lunak atau situs web, berfokus pada bagaimana mudahnya bagi pengguna baru untuk menyelesaikan tugas dengan sistem.. Sedangkan langkah-langkah kognitif adalah tugas-spesifik, evaluasi heuristic mengambil pandangan holistik untuk menangkap masalah yang tidak tertangkap oleh ini dan lainnya pemeriksaan metode kegunaan Metode ini berakar pada pandangan bahwa pengguna biasanya lebih memilih untuk mempelajari sistem dengan menggunakannya untuk menyelesaikan tugas-tugas, bukan, misalnya, mempelajari manual. Metode ini berharga karena kemampuannya untuk menghasilkan hasil yang cepat dengan biaya rendah, terutama bila dibandingkan dengan pengujian kegunaan , serta kemampuan untuk menerapkan metode ini pada awal fase desain, coding bahkan sebelum dimulai.
SUMBER
Interaksi Manusia Dan Komputer edisi 1 dan 2
http://www.academia.edu/9248672/MAKALAH_IMK
Santosa, P. Insap, et al. "Extensible Tools for Managing Interactive Interface," Human-Computer Interactions Term Project, Computer Science Department University of Colorado at Boulder 1990
http://lontar.ui.ac.id/il/2sumber.jsp?hal=1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar