Powered By Blogger

Rabu, 18 November 2015

Mengenal Arduino Bluetooth


Ikhtisar
Arduino BT adalah papan mikrokontroler awalnya berdasarkan ATmega168, tetapi sekarang disediakan bersama 328 (datasheet) dan Bluegiga WT11 bluetooth modul (rincian dan datasheet [pdf]). Ini mendukung komunikasi serial nirkabel melalui bluetooth (tapi tidak kompatibel dengan Bluetooth Headset atau perangkat audio lainnya). Hotel ini memiliki 14 digital input/output pin (dimana 6 dapat digunakan sebagai output PWM dan satu dapat digunakan untuk me-reset modul WT11), 6 input analog, osilator 16 MHz, sekrup terminal untuk kekuasaan, sebuah ICSP header, dan tombol reset. Ini berisi semua yang diperlukan untuk mendukung mikrokontroler dan dapat diprogram secara nirkabel melalui sambungan Bluetooth. Petunjuk tersedia untuk memulai dengan Arduino BT.

Spek :
Microcontroller                                       ATmega328
Operasi tegangan                                    5V
Input Tegangan                                       2.5-12 V
Digital i/o pin                                         14 (yang 6 memberikan PWM output)
Analog Input PIN                                    6
Arus DC per i/o Pin                                40 mA
DC saat ini untuk 3.3V Pin 500 mA (dengan 1.5A mampu sumber daya)
DC saat ini untuk 5V Pin 1000 mA (dengan 1.5A mampu sumber daya)
Flash memori 32 KB (2 KB yang digunakan oleh bootloader)
SRAM                                                       2 KB
EEPROM                                                  1 KB
Jam kecepatan                                           16 MHz
BT modul                                                  2.1 WT11i-A-AI4

Skema & desain referensi
Desain referensi: Eagle_File_Arduino_BT.zip
Skema: Arduino_BT.pdf


Power
Arduino BT dapat diaktifkan melalui V + dan GND sekrup terminal. Papan berisi convector DC-DC yang memungkinkan untuk diberdayakan dengan sebagai sedikit sebagai 2.5V, maksimum 12V. Tegangan yang lebih tinggi atau polaritas pada power supply dapat merusak atau menghancurkan Dewan. Perlindungan untuk reverse polaritas koneksi hanya pada terminal sekrup.

PIN Power adalah sebagai berikut:
+ VIN. Tegangan masukan ke papan Arduino (yaitu sama V + sekrup terminal). Anda dapat menyediakan tegangan melalui pin ini, atau, jika memasok tegangan melalui terminal sekrup, mengaksesnya melalui pin ini. Peringatan: Perlindungan untuk reverse polaritas koneksi adalah hanya pada terminal sekrup, jangan melampirkan tegangan negatif ke pin ini. Itu akan merusak Dewan.
5V. pin ini output 5V diatur dari regulator di papan tulis. Dewan dapat diberikan dengan kekuatan baik dari sekrup terminal (2.5V - 12V) atau pin VIN Dewan (2.5V-12V). Memasok tegangan melalui 5V atau 3.3V pin bypasses regulator, dan dapat merusak forum Anda. Kami tidak menyarankan itu.
Memori
ATmega328 memiliki 32 KB flash memori untuk menyimpan kode (yang 2 KB digunakan untuk bootloader). Hotel ini memiliki 1 KB SRAM dan 512 byte dari EEPROM (yang dapat dibaca dan ditulis dengan perpustakaan EEPROM).

Input dan Output
Setiap dari 14 pin digital di BT dapat digunakan sebagai input atau output, menggunakan fungsi pinMode(), digitalWrite() dan digitalRead(). Mereka beroperasi pada 5 Volt. Pin setiap dapat memberikan atau menerima maksimal 40 mA dan memiliki internal pull-up resistor (terputus secara default) kOhms 20-50. Selain itu, beberapa pin memiliki spesialisasi fungsi:
Seri: 0 (RX) dan 1 (TX). Digunakan untuk menerima (RX) dan mengirimkan data serial TTL (TX). PIN ini terhubung ke pin sesuai modul Bluegiga WT11.
Eksternal menyela: 2 dan 3. PIN ini dapat dikonfigurasi untuk memicu menyela pada nilai yang rendah, yang meningkat atau tepi jatuh, atau perubahan dalam nilai. Melihat fungsi attachInterrupt() untuk rincian.
PWM: 3, 5, 6, 9, 10 dan 11. Memberikan 8-bit PWM output dengan fungsi analogWrite().
SPI: 10 (SS), 11 (MOSI), 12 (MISO), 13 (SCK). PIN ini mendukung SPI komunikasi, yang, meskipun disediakan oleh perangkat keras yang mendasari, tidak saat ini termasuk dalam bahasa Arduino.
BT Reset: 7. terhubung ke baris reset Bluegiga WT11 modul, yang tinggi yang aktif.
LED: 13. Ada built-in LED terhubung ke digital pin 13. Ketika pin nilai tinggi, LED adalah, ketika pin rendah, itu adalah.
BT memiliki 6 input analog, yang masing-masing menyediakan 10 bit resolusi (yakni 1024 nilai berbeda). Secara default mereka mengukur dari tanah untuk 5 volt, meskipun Apakah mungkin untuk mengubah ujung atas jangkauan mereka menggunakan pin ALIEF dan beberapa kode tingkat rendah. Selain itu, beberapa pin memiliki spesialisasi fungsi:

I2C: 4 (SDA) dan 5 (SCL). Mendukung komunikasi I2C (TWI) menggunakan kawat Perpustakaan (dokumentasi pada website kabel).
Ada beberapa lain pin di papan tulis:
ALIEF. Tegangan referensi untuk analog input. Digunakan dengan analogReference().

Komunikasi Bluetooth
Modul Bluegiga WT11 Arduino BT menyediakan komunikasi Bluetooth dengan komputer, ponsel, dan perangkat Bluetooth lainnya. WT11 berkomunikasi dengan ATmega328 melalui serial (bersama dengan pin RX dan TX di papan tulis). Muncul dikonfigurasi untuk komunikasi 115200 baud. Modul harus dikonfigurasi dan dapat dideteksi oleh sistem operasi Anda bluetooth driver, yang kemudian harus menyediakan virtual com port untuk digunakan oleh aplikasi lain. Arduino software termasuk monitor serial yang memungkinkan data tekstual sederhana untuk dikirim ke dan dari papan Arduino melalui koneksi bluetooth ini. Dewan juga dapat memprogram menggunakan sambungan nirkabel yang sama ini.
WT11 khusus dikonfigurasi untuk digunakan dalam Arduino BT. Its nama diatur ke ARDUINOBT dan passcode untuk 12345. Untuk rincian, lihat inisialisasi lengkap sketsa.

Komunikasi
Arduino BT memiliki sejumlah fasilitas lainnya untuk berkomunikasi. Komunikasi serial ATmega328 UART TTL (5V) tersedia di digital pin 0 (RX) dan 1 (TX) juga sedang terhubung ke modul WT11.
Perpustakaan SoftwareSerial yang memungkinkan untuk komunikasi serial pada salah satu yang BT digital pin.
ATmega328 juga mendukung komunikasi I2C (TWI) dan SPI. Perangkat lunak Arduino mencakup Perpustakaan kawat untuk menyederhanakan penggunaan I2C bus; Lihat dokumentasi pada kabel website untuk rincian. Untuk menggunakan komunikasi SPI, silakan lihat ATmega328 datasheet.

Pemrograman
Arduino BT dapat diprogram dengan perangkat lunak Arduino (download). Untuk rincian, lihat Referensi dan tutorial.
ATmega328 pada Arduino BT dilengkapi preburned dengan bootloader yang memungkinkan Anda untuk meng-upload kode baru untuk itu tanpa menggunakan eksternal hardware pemrogram. Itu berkomunikasi menggunakan protokol STK500 asli (referensi, file header C).

Anda juga dapat melewati bootloader dan program ATmega328 melalui header ICSP (di-Circuit Serial Programming); Lihat petunjuk ini untuk rincian.

Karakteristik fisik

Maksimum panjang dan lebar yang BT adalah kira-kira 3.2 dan 2.1 inci. Tiga sekrup lubang memungkinkan Dewan untuk dilampirkan ke permukaan atau kasus. Perhatikan bahwa jarak antara digital pin 7 dan 8 160 mil (0.16"), tidak bahkan beberapa dari 100 mil spasi pin lain.



Sumber : https://www.arduino.cc/en/Main/ArduinoBoardBT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar