Powered By Blogger

Kamis, 19 November 2015

Mengenal Arduino Micro


Mikro adalah papan mikrokontroler berdasarkan ATmega32U4 (datasheet), dikembangkan dalam hubungannya dengan Adafruit. Alat ini memiliki 20 digital input/output pin (dari 7 yang dapat digunakan sebagai output PWM dan 12 sebagai analog input), osilator 16 MHz, sebuah koneksi USB mikro, sebuah ICSP header, dan tombol reset. Ini berisi semua yang diperlukan untuk mendukung mikrokontroler; cukup Hubungkan ke komputer dengan kabel USB untuk memulai mikro. Ini memiliki faktor bentuk yang memungkinkan untuk dengan mudah diletakan pada papan tempat memotong roti.
Papan mikro ini mirip dengan Leonardo Arduino yang ATmega32U4 memiliki built-in USB komunikasi, menghilangkan kebutuhan untuk prosesor sekunder. Hal ini memungkinkan mikro untuk muncul ke komputer terhubung sebagai mouse dan keyboard, selain untuk serial (CDC) virtual / COM port. Ini juga memiliki implikasi lain untuk perilaku dalam papan tulis; ini yang rinci pada halaman mulai persiapan.
Persiapan
Anda dapat menemukan di bagian persiapan semua informasi yang Anda butuhkan untuk mengkonfigurasi papan Anda, menggunakan Arduino perangkat lunak (IDE), dan mulai menggerumit dengan coding dan elektronik.

Technical Specs :
Microcontroller
Operating Voltage
5V
Input Voltage (recommended)
7-12V
Input Voltage (limit)
6-20V
Digital I/O Pins
20
PWM Channels
7
Analog Input Channels
12
DC Current per I/O Pin
20 mA
DC Current for 3.3V Pin
50 mA
Flash Memory
32 KB (ATmega32U4)
of which 4 KB used by bootloader
SRAM
2.5 KB (ATmega32U4)
EEPROM
1 KB (ATmega32U4)
Clock Speed
16 MHz
Length
48 mm
Width
18 mm
Weight
13 g

Pemrograman
Arduino mikro dapat diprogram dengan perangkat lunak Arduino (IDE). Pilih "Arduino Genuino mikro dari Tools > papan menu. Untuk rincian, lihat Referensi dan tutorial.
ATmega32U4 pada mikro datang terprogram dengan bootloader yang memungkinkan Anda untuk meng-upload kode baru untuk itu tanpa menggunakan eksternal hardware pemrogram. Itu berkomunikasi menggunakan protokol AVR109.
Anda juga dapat melewati bootloader dan program pada Mikrokontroler melalui header ICSP (di-Circuit Serial Programming) menggunakan Arduino ISP atau serupa; Lihat petunjuk ini untuk rincian.
Peringatan
Mikro memiliki polyfuse reset yang melindungi komputer Anda port USB dari celana pendek dan arus lebih. Meskipun kebanyakan komputer menyediakan perlindungan internal mereka sendiri, sekering menyediakan lapisan tambahan perlindungan. Jika lebih dari 500 mA diterapkan ke USB port, sekring tersebut akan secara otomatis istirahat sambungan sampai pendek atau kelebihan beban dihilangkan.
Power
Mikro dapat diaktifkan melalui koneksi USB mikro atau dengan daya eksternal. Sumber daya yang dipilih secara otomatis.
Daya eksternal (USB bebas) dapat datang dari catu daya DC atau baterai. Memimpin dari baterai atau listrik DC dapat dihubungkan ke pin Gnd dan Vin.
Mikro dapat beroperasi pada pasokan eksternal volt 6 hingga 20. Jika disediakan dengan kurang dari 7V, namun, 5V pin mungkin pasokan kurang dari lima volt dan mikro dapat menjadi tidak stabil. Jika menggunakan lebih dari 12V, regulator tegangan mungkin terlalu panas dan merusak Dewan. Kisaran yang direkomendasikan adalah 7 hingga 12 Volt.
PIN kekuatan adalah sebagai berikut:
  ·          VI. tegangan input ke papan mikro ketika menggunakan sumber daya eksternal (sebagai lawan dari 5 volt dari koneksi USB atau sumber daya teregulasi lain). Anda dapat menyertakan tegangan melalui pin ini.
  ·          5V. catu daya teregulasi digunakan untuk menyalakan mikrokontroler dan komponen lainnya di papan tulis. Ini bisa datang baik dari VIN melalui regulator on-board, atau disediakan oleh USB atau lain 5V diatur pasokan.
  ·          3V. 3.3 volt pasokan yang dihasilkan oleh on-board regulator. Maksimum menarik saat ini adalah 50 mA.
Memori
ATmega32U4 memiliki 32 KB (dengan 4 KB digunakan untuk bootloader). Hotel ini juga memiliki 2,5 KB SRAM dan 1 KB EEPROM (yang dapat dibaca dan ditulis dengan perpustakaan EEPROM).
Input dan Output
Lihat pemetaan antara ATmega 32U4 Port Arduino pin dan pemetaan Pin mikro Arduino:
Setiap dari 20 digital i/o pin pada mikro dapat digunakan sebagai input atau output, menggunakan fungsi pinMode(), digitalWrite() dan digitalRead(). Mereka beroperasi pada 5 Volt. Pin setiap dapat memberikan atau menerima 20 mA sebagai direkomendasikan kondisi pengoperasian dan memiliki internal pull-up resistor (terputus secara default) 20-50 k ohm. Maksimum 40mA adalah nilai yang tidak boleh berlebihan untuk menghindari kerusakan permanen mikrokontroler.
Selain itu, beberapa pin memiliki spesialisasi fungsi:
  ·          Seri: 0 (RX) dan 1 (TX). Digunakan untuk menerima (RX) dan mengirimkan data serial TTL (TX) menggunakan perangkat keras seri kemampuan ATmega32U4. Perhatikan bahwa pada mikro, kelas Serial mengacu pada komunikasi USB (CDC); TTL serial Pins 0 dan 1, menggunakan Serial1 kelas.
  ·          TWI: 2 (SDA) dan 3 (SCL). Dukungan TWI komunikasi menggunakan perpustakaan kawat.
  ·          Eksternal menyela: 0(RX), 1(TX), 2, 3 dan 7. PIN ini dapat dikonfigurasi untuk memicu menyela pada nilai yang rendah, yang meningkat atau tepi jatuh, atau perubahan dalam nilai. Melihat fungsi attachInterrupt() untuk rincian.
  ·          PWM: 3, 5, 6, 9, 10, 11 dan 13. Memberikan 8-bit PWM output dengan fungsi analogWrite().
  ·          SPI: pada ICSP header. PIN ini mendukung SPI komunikasi menggunakan perpustakaan SPI. Perhatikan bahwa pin SPI tidak terhubung ke salah satu digital i/o pin karena mereka di Uno, mereka hanya tersedia pada konektor ICSP dan pin terdekat berlabel MISO, MOSI dan SCK.
  ·          RX_LED/SS ini adalah pin tambahan dibandingkan dengan Leonardo. Terhubung ke RX_LED yang menunjukkan aktivitas transmisi selama komunikasi USB, tetapi ini dapat juga digunakan sebagai budak pilih pin (SS) dalam komunikasi SPI.
  ·          LED: 13. Ada built-in LED terhubung ke digital pin 13. Ketika pin nilai tinggi, LED adalah, ketika pin rendah, itu adalah.
  ·          Analog Input: A0-A5, A6 - A11 (berdasarkan digital pin 4, 6, 8, 9, 10, dan 12). Mikro memiliki total 12 analog input, pin dari A0 untuk A5 diberi label secara langsung pada pin dan yang lain yang dapat Anda akses kode menggunakan konstanta dari A6 palung A11 bersama masing-masing pada digital pin 4, 6, 8, 9, 10, dan 12. Semua yang dapat juga digunakan sebagai digital i/o. Setiap input analog menyediakan 10 bit resolusi (yakni 1024 nilai berbeda). Secara default analog input mengukur dari tanah 5 volt, meskipun Apakah mungkin untuk mengubah ujung atas jangkauan mereka menggunakan pin ALIEF dan fungsi analogReference().
Ada beberapa lain pin di papan tulis:
  ·          ALIEF. Tegangan referensi untuk analog input. Digunakan dengan analogReference().
  ·          Reset. Membawa garis ini rendah untuk me-reset mikrokontroler. Biasanya digunakan untuk menambahkan tombol reset ke perisai yang memblokir satu di papan.
Komunikasi
Mikro memiliki sejumlah fasilitas untuk berkomunikasi dengan komputer, lain papan Arduino & Genuino Keluarga, atau microcontrollers lainnya. 32U4 menyediakan UART TTL komunikasi serial (5V), yang tersedia di digital pin 0 (RX) dan 1 (TX). ATmega32U4 juga memungkinkan untuk komunikasi serial (CDC) melalui USB dan muncul sebagai port com virtual untuk perangkat lunak pada komputer. Chip juga bertindak sebagai perangkat USB 2.0 kecepatan penuh, menggunakan standar Driver USB COM. Pada Windows, file dimaksud diperlukan. Arduino perangkat lunak (IDE) termasuk monitor serial yang memungkinkan data tekstual sederhana untuk dikirim ke dan dari Dewan. RX dan TX LED di Dewan akan flash saat data sedang dikirim melalui sambungan USB ke komputer (tapi bukan untuk komunikasi serial Pins 0 dan 1).
Perpustakaan Software Serial yang memungkinkan untuk komunikasi serial Pins digital mikro lainnya.
ATmega32U4 juga mendukung komunikasi I2C (TWI) dan SPI. Arduino perangkat lunak (IDE) termasuk Perpustakaan kawat untuk menyederhanakan penggunaan I2C bus; Lihat dokumentasi untuk rincian. Untuk komunikasi SPI, menggunakan perpustakaan SPI.
Mikro muncul sebagai generik keyboard dan mouse, dan dapat diprogram untuk mengontrol perangkat input ini menggunakan Keyboard dan Mouse kelas.
Karakteristik fisik
Maksimum panjang dan lebar dari PCB mikro adalah 4,8 cm dan 1.77cm, dengan konektor USB diluar dimensi mantan. Tata letak memungkinkan untuk mudah penempatan papan tempat memotong roti solderless...
Ulang otomatis (perangkat lunak) dan Bootloader inisiasi

Daripada memerlukan fisik menekan tombol reset sebelum meng-upload, Arduino mikro dirancang dengan cara yang memungkinkan untuk me-reset dengan perangkat lunak yang berjalan pada komputer yang terhubung. Reset dipicu ketika mikro virtual (CDC) seri / COM port dibuka di 1200 baud dan kemudian ditutup. Ketika ini terjadi, prosesor akan me-reset, melanggar koneksi USB ke komputer (berarti bahwa virtual serial / COM port akan hilang). Setelah me-reset prosesor, bootloader mulai, tetap aktif selama sekitar 8 detik. Bootloader juga bisa dimulai dengan menekan tombol reset pada mikro. Perhatikan bahwa ketika pertama kekuatan, itu akan melompat langsung ke sketsa pengguna, jika ada, daripada memulai bootloader.

Sumber : https://www.arduino.cc/en/Main/ArduinoBoardMicro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar